SYLVI DAN PROGRAM NIKAH GRATIS

Prof. Dr. Hj. Sylviana Murni SH.MSi (47)
SYLVI DAN PROGRAM NIKAH GRATIS
NameMelalui program Pelayanan Terpadu Malam Hari atau PTMH, selalu ada pelayanan Nikah Gratis. PTMH adalah program yang dibuat Sylviana Murni untuk mendekatkan fungsi-fungsi pelayanan publik langsung ke tengah pemukiman. Semacam kantor berjalan. Warga yang tidak memiliki cukup waktu datang ke kantor kelurahan, bisa mengurus keperluan mereka di malam hari. Misalnya untuk mengurus perpanjangan masa berlaku KTP atau SIM dan lain sebagainya. Tidak hanya manusia. Di lokasi PTMH, warga juga bisa membawa hewan peliharaan mareka untuk diperiksa kesehatannya. Gratis.
Khusus untuk layanan Nikah Gratis yang murni ide Sylvi, sejak Februari 2010 sampai Desember 2015, lebih 100 pasang warga kurang mampu dinikahkan. Di lokasi PTMH, yang bertindak sebagai saksi dari ketua RT sampai gubernur.
Apa alasan Sylvi memandang perlu ada layanan Nikah Gratis itu?
"Jangan hanya kerena tidak mampu kita rela membiarkan ada warga kumpul kebo," ujarnya. "Anda tahu, membiarkan orang kumpul kebo atau (maaf) berzinah dengan alasan belum bisa menikah karena belum ada uang untuk bayar biaya administrasi atau mahar dan jasa penghulu, kita turut berdosa," tambahnya.
Sayangnya PTMH yang antaralain berisi layanan Nikah Gratis itu, sejak Januari 2016, dihentikan gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok....